Kamis, 16 Agustus 2018

Saatku Mengenalmu untuk Berbakti, Berkarya dan Berarti

Suatu hari salah satu kawan di sebuah komunitas menulis, Mbak Hiday Nur (ketua FLP Tuban) mengabarkan bahwa ada open recruitment anggota  FLP (Forum Lingkar Pena) Gresik. Wah inilah yang saya tunggu-tunggu selama ini! pikir saya dalam hati. Kenapa saya berfikir begitu? karena saya sudah mengenal FLP sejak saya masih duduk di bangku SMA, sekitar tahun 2001. Pada waktu itu  presepsi saya FLP adalah sebuah organisasi yang berhasil melahirkan penulis-penulis hebat, banyak karya bagus lahir dari sana. Saya ingat betul, saya pertama kali jatuh cinta dengan karya fiksi, cerpen khususnya, saat membaca kumpulan cerpen yang di terbitkan oleh FLP, salah satu penulis buku tersebut adalah Gol A Gong. 

Seiring berjalannya waktu, referensi tentang penulis yang lahir dari FLP pun bertambah, Asma Nadia, Helvy Tiana Rosa, Pipiet Senja, Kang Abiek, menjadi tambahan penguatan asumsi saya bahwa  FLP adalah sebuah wadah yang sangat bagus buat para penulis untuk mengembangkan kemampuannya di bidang kepenulisan. 

Akhirnya saya bertekad untuk mendaftarkan diri mengikuti open recruitment tersebut. Open Recruitment yang mulai diadakan pada tanggal 5 juli sampai 12 Agustus di Perpustakaan daerah ini ternyata membuat saya semakin jatuh cinta. Banyak ilmu yang diperoleh, Ternyata FLP tidak hanya sekedar sebuah organisasi menulis, tapi di sini kita bisa mendapatkan banyak manfaat di dunia literasi. Seperti mottonya, Berbakti, berkarya dan berarti.

Di hari pertama Oprec, tentu saja materi tentang ke-FLP-an. Apa itu FLP, misi dan visinya, Program kerja FLP, ketua umum dari masa kemasa serta kata para tokoh tentang FLP. lebih mengenal FLP membuat saya jatuh cinta untuk kesekian kalinya lagi. FLP adalah organisasi kepenulisan yang berasaskan islam, yang bergerak di segala bidang yang berhubungan dengan kepenulisan dan pemberdayaan penulis. Waow berasaskan islam, berarti ada nilai-nilai dakwah yang ingin disampaikan. Dan itulah mengapa membuat saya berfikir lagi tentang motto organisasi ini, berbakti, berkarya dan berarti.

Open recruitment yang bertema Metals ( Menggali Potensi Sastrawan di kota Santri) ini dilakukan secara offline (bertatap muka) dan Online (melalui Whatapp) pesertanya dari usia belasan hingga 60 tahun. Masya Allah luar biasa membuat semangat saya terpompa. Bahwa sejatinya belajar untuk berbakti, berkarya dan berarti itu tidak mengenal usia. Dipertemukan dengan orang-orang yang mempunyai spirit yang sama untuk bisa menginspirasi dalam sebuah rangkaian kata. Ya ... inilah jalan da'wah kami. Barisan da'wah para pejuang pena, Forum Lingkar Pena.


#FLPGresik
#OprecFLPGresik


1 komentar:

  1. Wahhhh saya juga pengen banget ikut FLP tapi FLP di kota saya jarang banget ad agenda kadang2 malah ga tau kalau ad open recrutmentny emmmm kerenn mbak banyakin komunitas seruuu dan banyak ilmu

    BalasHapus