Senin, 09 April 2018

Kenapa RCO?

Kenapa saya ikut RCO? pertanyaan yang harus saya jawab saat ini. Sebenarnya semua berawal dari sebuah pertanyaan kenapa saya mengikuti komunitas menulis. Saya mengikuti komunitas menulis karena saya butuh wadah untuk mengaktualisasikan diri. Selain untuk self healing, menulis adalah cara saya untuk menyapa dunia. Meninggalkan jejak di muka bumi, bahwa ada seorang ibu rumah tangga yang pernah menuangkan ide-idenya melalui sebuah tulisan. 

Mengikuti RCO (Reading challenge ODOP) kenapa? 

Pada dasarnya menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan.  Kata literasi mempunyai arti keberaksaraan, yaitu kemampuan menulis dan membaca. Seorang penulis harus kaya dengan banyak wawasan dan literatur. Dan untuk menambah wawasan itu salah satunya yaitu dengan membaca buku. Buku menjadi sarana untuk menjelajahi dunia, berpetualang ke alam pikiran serta realita aneka manusia, mengetahui seluk  beluk daerah dari seluruh penjuru dunia–tanpa harus melangkahkan kaki selangkah pun dari posisi semula.

Membaca mempunyai peranan yang sakral  dalam mengembangkan  kemampuan menulis.  Banyak membaca akan memperkaya perbendaharaan kata, menambah sumber inspirasi dan informasi. Membaca bacaan yang beragam, jadi lebih paham cara bertutur, gaya penulisan, rancangan alur, serta proses berlogika yang beraneka membuat wawasan kita semakin luas.  

Lalu kenapa harus bergabung dengan sebuah komunitas membaca? Apa kalau tidak bergabung tidak membaca buku? Jawabanya bisa iya dan tidak.

Karena sejatinya setiap manusia pasti manusiawi sekali kalau ada rasa malas, pasti pernah mengalami masa-masa futur. Di sinilah sebuah komunitas itu berfungsi. Selain untuk menyemangati, juga memberikan banyak informasi dan relasi. 

Bergabung dengan RCO membuat saya termotivasi ketika penyakit malas itu datang, saya mempunyai penyemangat.  Bergabung dengan sebuah komunitas yang mempunyai minat yang sama akan memberikan atmosfer yang berbeda. Memberikan energi yang mampu  membuat kita bertumbuh dan berkembang. Oleh karena itu RCO adalah suntikan semangat saya untuk menambah wawasan  melalui membaca buku.




10 komentar:

  1. Kereeennn Mak Di...😎😎😎

    BalasHapus
  2. Uwooo~~~ ><
    Keep writing! Keep fighting!

    BalasHapus
  3. Ah jadi malu saya. Jam membacanya masih sedikit

    BalasHapus
  4. rajin baca nanti dibeliin buku baru sama mas Bram yaa, Bun :D

    BalasHapus
  5. nanti bikin cerbung yang isinya istrinya di beliin mobil, gitu ya mba nisya? hahahahaha

    BalasHapus