Rabu, 04 April 2018

Ikhlas dalam Mendidik Anak

Syarat diterimanya amal ada dua yaitu Ikhlas dan sesuai dengan tuntutan Nabi Muhammad. Sebagai seorang Muslim dalam melakukan ibadah harus di dasarkan kepada dua hal tersebut, yaitu ikhlas dan sesuai teladan Nabi Muhammad.

Ikhlas ialah  menghendaki keridhaan Allah dalam suatu amal, membersihkannya dari segala individu maupun duniawi. Tidak ada yang melatarbelakangi suatu amal, kecuali karena Allah dan demi hari akhirat. (Sumber: https://almanhaj.or.id/2977-pengertian-ikhlas.html)

Dalam melakukan apapun, Ikhlas harus menjadi landasan awal. Demikian juga iklhas dalam mendidik anak. seringkali orang tua mendidik anak-anak mereka ingin agar anak-anaknya menjadi anak yang sukses dunia. tidak ada yang salah sebenarnya. Namun jika itu tujuan utamana maka kemungkinan kita sebagai orang tua hanya mendapat sedikit keberkahan dari apa yang selama ini kita lakukan.

 Lalu bagaimana sih seharusnya kita Ikhlas dalam mendidik anak itu? Jika mendidik anak mengharapkan ridhonya Allah maka seharusnya melakukan apa-apa yang membuat Allah ridho. Dan yang membuat Allah ridho adalah yang sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan, baik yang terdapat di dalam Alquran atau melalui tuntutan yang di contohkan Nabi Muhammad.

 Di dalam Al-Quran , Allah Swt telah menceritakan kepada kita tentang nasihat Luqman yang penuh keikhlasan dan kebaikan kepada anaknya. 

         يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ


"Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). " (QS. Luqman ( 31) : 17).

Dalam Pemberian wasiat kepada anaknya, Luqman berpesan agar anaknya menjadi pribadi yang shalih dengan jalan beribadah kepada Allah  SWT. Luqman juga berpesan kepada anaknya agar menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama, yakni dengan menyerukan perbuatan yang ma'ruf  dan mencegah perbuatan yang mungkar. Selain itu Luqman juga berpesan kepada anaknya agar menjadi orang yang sabar bila menerima perlakuan yang semena-mena dari orang lain. Dalam ayat di atas terdapat pesan moral yang sejalan denga nilai-nilai ajaran islam.


#Ikhlas
#30DWC
#Squad4
#Day14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar