Rabu, 29 November 2017

level6 day5 bunsay IIP

Menstimulus Matematika Logis pada Anak.


Tantangan 10 hari level 6 Menemukan Matematika di sekitarmu


Hari ke-5 tantangan 10 hari " Belajar mengidentifikasi warna dan mengelompokkannya"

Mengajarkan anak untuk bernalar dan berfikir logis bisa dengan berbagai macam cara dan metode. Bagi anak-anak bermainnya adalah belajar dan belajarnya adalah bermain. Terkadang yang membuat anak-anak tidak menyukai matematika (berhitung –khususnya) karena mereka tidak mengetahui konsep atau kerangka berfikirnya. Misal, penjumlahan adalah penggabungan, perkalian adalah penjumlahan berulang dan lain sebagainya. Dengan menggunakan media yang menarik diharapkan bisa memberikan suasana belajar yang menyenangkan.

Dan itu yang kulakan hari ini, saya mengajarkan berbagai macam warna kepada si Bungsu dengan menggunakan metode bunga warna-warni (sebenarnya ini hanya menggunakan media yang sudah ada saja hehe). berbagai macam warna bunga, mengindentifikasikanya dan mengemlompokkan. Di akhir pembelajaran Fatir akan dengan senang hati berusaha menghitung bunga-bunga tersebut, meskipun  pengetahuan tentang angka Cuma 1-10 dan terkadang juga masih sering lupa.
Untuk Uwais konsep penjumlahan dang pengurangan Alhamdulillah sudah cukup , ya bisa dibilang sedikit banyak agak paham. Dia mengumpulkan bunga sebanyak 5 bunga dan mengambil 2, maka dia katakan 5-2, dan menjawabnya dengan 3.
Membuat anak bisa adalah biasa, namun membuat anak suka baru tantangan.  







#Tantangan10Hari
#level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath

#MathAroundUs









2 komentar:

  1. Keren mb...
    Aku jg selalu merasa tertantang dalam mengajar math pada anakku 😂

    Salam,
    shintadwijiarti.blogspot.com

    BalasHapus
  2. alhamdulillah. terima kasih mba telah berkunjung..
    salam kenal.
    kapan-kapan saya tak berkunjung kesana ke blog mba shinta ya..pengen main. salam

    BalasHapus