Kamis, 01 Februari 2018

ACEH BAGI KAMI


Aceh adalah sebuah provinsi di Indonesia. Terletak di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. 
Nangroe Aceh Darussalam adalah sebuah daerah yang mempunyai nilai historis yang berkesan dalam hidupku, ada kisah kami, aku dan suami.  Aceh adalah sebuah tempat yang menjadi saksi bahwa kita pernah di sana untuk saling mengenal, berbagi, saling belajar, belajar mencintai, belajar menyayangi. Hingga kita tahu bahwa kita diperkenalkan di tempat ini, adalah bukan sesuatu yang kebetulan. Ada “sutradaranya", ada jalan ceritanya, yang membuat “film" kita begitu bermakna.


Aceh… suatu tempat yang luar biasa, pemandangan yang begitu indah. Lautnya, bukit nya, tata kotanya, masyarakatnya, suasananya, kebiasaanya, dan budayanya.

Perpaduan yang begitu apik. Bak not not sebuah nada yang menjadikan lagu itu menjadi begitu merdu.

Masyarakatnya seperti masyarakat melayu pada umumnya, yang para lelakinya suka ke kedai kopi setiap pagi, maka tidak heran jika di Aceh, banyak sekali ditemukan kedai yang hanya menjual kopi dan jajanan. Apalagi kalau musim bola pasti semua kedai bakal penuh  karena nonton bareng.
 Di kedai kopi sebenarnya bukan hanya melulu minum kopi, tapi di sini kita akan dapati banyak sekali kegiatan, tukar informasi, mengomentasi masalah politik, keadaan negara, keamanan, pekerjaan atau mungkin masalah keluarga , mungkin ?! Hehe

Dulu kalau kita ke mana-mana pasti selalu bawa buku nikah kawan, karena takut di razia polisi syariah. Karena Qonun yang berlaku, sepasang laki-laki dan perempuan yang bukan suami istri akan diciduk, kalau sudah 3 kali  dinikahkan. Bagaimana ada yang mau coba? Jangan ya. Hehehe

Bagi lidah jawa seperti ku, awalnya butuh adaptasi untuk merasakan kuliner aceh, karena bumbu masakannya sangat khas, rempah-rempahnya sangat kuat. Tapi aneh nya lama-lama aku menyukainnya. Ada bumbu bumbu masakan yang hanya orang aceh mungkin yang tahu, seperti asam sunti, sayur plie ue, hmm apalagi ya?!
Intinya i love aceh, love budayanya, love kulinernya, alamnya pokoknya i love Aceh full lah. Karena telah memberikan dimensi baru dalam hidupku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar