Minggu, 11 Februari 2018

RESENSI BUKU


Judul     : TALENTS MAPPING
                Inspirasi untuk Hidup Lebih Asyik dan Bermakna
Penulis  : Rama Royani
Genre    : Non Fiksi
Penerbit: Tosca
Jumlah Halaman : 208
No.ISBN : 978-602-74211-3-4



Setiap manusia diberi oleh Allah kelebihan dan potensi uniknya. Namun tidak semua orang bisa nemekuman apa bakat dan potensinya tersebut. Buku Talent Mapping ini memberikan gambaran kepada kita apa itu bakat. Bakat disini adalah sebagai sifat (personality) yang produktif. Dikatakan produktif bilamana suatu sifat (personality) dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menghasilkan sesuatu. Dan memetakan apa bakat dan kekurangan kita sehingga bisa disiasati.

Pada pembahasan awal kita akan diperkenalkan dengan prinsip aku. Aku yang pertama adalah mengandalkan kekuatan menjadi utama. kekuatan adalah hasil dari mengelola bakat.  Mengelola bakat perlu dibarengi dengan attitude (sikap), skill (Ketrampilan) dan knowledge(pengetahuan). Bakat yang dibarengi dengan sikap, ketrampilan dan pengetahuan akan melahirkan sebuah kekuatan pada dirinya. "Asahlah kapak pada sisi tajamnya", itulah ungkapan yang diberikan oleh Abah Rama sang penulis.
Pada prinsip AKU yang kedua, mengakui keterbatasan juga utama. Setiap orang di anugrahi oleh Allah kelebihan dan kekurangan. Jika seseorang mau mengakui  kekurangannya maka diharapkan mampu untuk menyiasatinya. Seperti logo dalam buku ini yaitu sarang lebah madu. Lebah madu mengajarkan kepada kita tentang pentingnya bekerja sama dalam kebaikan. Menyiasati kekurangan dengan bekerja sama dengan orang-orang yang mempunyai kelebihan pada keterbatasan kita merupakan point utama dalam prinsip AKU yang kedua.
Fokus pada kekuatan, dan siasati keterbatasan. Dalam pengembangan kekuatan, ada rumusan yang harus dipegang agar menemukan jalan hidup yaitu 4E, Enjoy (asyik), Easy (Bisa), Excellent(Andalan) dan Earn (hasil).
Pada buku Talent Mapping ini, kita bisa mengindentifikasi potensi kekuatan kita yang didasari pada penemuan bakat yang kita punyai dengan melakukan assessment dihalaman yang sudah disediakan. Setelah melakukan assessment sebagai individual Discovery kita juga akan diajari cara membaca hasil assessment tersebut.
Buku Talents Mapping ini untuk siapa saja yang yang terpanggil untuk mengenali potensi dan menggali kekuatan diri, serta menyiasati keterbatasannya.

                                               
















;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar