Sabtu, 24 Februari 2018

Family Forum Kami



Pagi ini di family forum kami, aku membuka obrolan.

"Gara-gara ada pemberitaan tentang komunis sampai kebawa mimpi," kataku.

Rizwan pun nyletuk, "Apa sih komunis itu?" tanyanya.

"Komunis itu adalah paham yang tidak mempercayai adanya tuhan, orang-orang ini tidak mau diatur dengan aturan tuhan". Jawabku.

"Kenapa manusia kok harus diatur sama aturan Allah?", tanya Ayah kepada Rizwan.

Rizwan pun menggeleng dengan lemah karena merasa tidak tahu jawabannya.

"Rizwan kalo main komputer, sembarangan, gak mau ikuti aturan pemakaian komputer yang benar, selesai main dimatiin gak pake di shutdown, pencet sembarang, gimana coba?”Aku pun atusias menganalogikannya dengan kegiatan kesehariannya. Karena aku pikir, mungkin ini adalah moment yang pas buat menyampaikan ketauhitan dengan sederhana.

“Rusaklah komputernya" , jawab Rizwan.

“Betul, betul sekali, begitujuga manusia. Manusia kalau gak mau ikut aturan Allah ya bakal rusak. Rusaknya bisa di dunia atau di akhirat. Syariat Allah sebenarnya adalah untuk membuat hamba-Nya bahagia dan agar manusia terhindar dari kesusahan di dunia maupun di akhirat. Hidup di dunia ini adalah tempat ujian nak, sudah dikasih petunjuk apa-apa yang boleh dan tidak boleh. Petunjukknya semua ada di Al-Quran dan hadist Nabi, Jika Rizwan berpegang teguh kepada keduanya pasti akan selamat," jawabku.

"Oh...." Jawabnya sambil menganggukkan kepala.


Bagi kami family forum sangat berguna, setiap anggota keluarga bebas menyampaikan apapun tentang permasalahannya, keinginannya, kejadian yg dialami, cita-citanya atau apapun. Di forum ini adalah salah satu kegiatan yang bisa dimanfaatkan untuk mendidik menyampaikan ilmu kepada anak-anak. 

*Dalam perjalanan menuju ke Pandaan

3 komentar: