Minggu, 11 Februari 2018

Tips Agar Batita Mau Menggosok Giginya


Membiasakan anak-anak untuk mau menggosok gigi dengan teratur bukanlah perkara yang mudah. Tak semuadah melipat baju atau menyapu lantai. Dibutuhkan startegi yang handal bak seperti membuat startegi perang hihihi. Apalagi membiasakan menggosok gigi buat si kecil yang usianya dibawah 3 tahun. Penuh dengan drama jika sudah dikamar mandi. Mulai dari tutup mulut sampai dengan guyuran air yang membuat baju basah kuyup. Susahnya minta ampun, mengalahkan pusingnya membuktikan theorema pada saat kuliah dulu heheheh. persiapan dan peralatan tempur harus dipersiapkan dengan matang.

Berikut ini adalah Tips agar batita antusias saat menggosok giginya :

1. Persiapan pertama, Menyediakan berbagai macam media buku atau alat peraga.
Alat peraga yang sederhana saja, misal membuat busy book yang ada aktifitas mengogosok gigi. dengan memberikan panduan yang benar tata cara menggosok gigi diharapkan anak-anak mampu untuk menggosok gigi dengan benar. buku bergambar yang isinya mengenai pentingnya menggosok gigi, tentang sakitnya jika gigi berlubang atau penyakit mulut akibat dari tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut. Terkadang dengan cerita menggunakan media buku dengan gambar berwarna atau alat peraga memiliki efek yang berbeda. anak-anak cenderung lebih menyukai pembelajaran yang atraktif dan inovatif.

2. Persiapan kedua, Memasang westafel di kamar mandi dengan kaca di atasnya.
Tujuannya adalah agar mereka tahu bahwa gigi mana saja yang harus disikat itu terlihat. Mau menggosok gigi sambil berkaca. Kaca itu akan memberikan cerminan bahwa gigi yang dalam juga kelihatan jika digosok. Jika tidak ada westafel cukup sediakan kaca di kamar mandi. Bagi balita anda yang suka mengaca pasti sangat antusias sekali jika aktifitas menggosok giginya terlihat dia di bayangan cermin. 

3. Persiapan ketiga, Mengajak si kecil pergi ke toko minimarket.
Bukan membujuknya dengan memberikan jajan atau es krim. Bukan. Tapi mengajak sikecil membeli sikat gigi pilihannya sendiri dan pasta gigi kesukaannya. Biasanya dengan bentuk yang yang lucu, dia akan bersemangat ketika menggosok gigi.

4. Langkah keempat, dampingi sikecil ketika mandi.
Langkah ini penting dan terkadang butuh sedikit kesabaran. Jika memungkinkan ajaklah si kecil untuk menyikat gigi Anda dan Anda menyikat giginya. Dengan bertukar peran terkadang membuat sikecil sangat senang dan antusias.

Demikian tips dari saya dan selamat mencoba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar