Senin, 26 Maret 2018

Resume Materi 9 Kelas Bunsay


"Be Creative"



Setiap anak adalah kreatif. Mereka terlahir dengan rasa ingin tahu tentang banyak hal yang besar. Mereka tidak mengenal kata “tidak mungkin”. Mencoba semua hal dan tidak takut salah. Namun mengapa sekarang anak-anak kita tumbuh menjadi pribadi yang tidak kreatif? 

Karena kitalah yang mematikan kreatifitas mereka. Sering kali para orang tua terlalu protektif terhadap anak mereka. Kita takut, besok anak-anak kita akan menjadi apa? namun kita lupa bahwa mereka adalah seseorang yang sedang menjalani hidupnya hari ini. 

Lalu para orang tua mengirimkan anak-anak mereka ke "sekolah". Ke sekolah yang sistem pendidikannya membuat citra positif akan kemampuan belajar mereka semakin menurun. Gaya belajar yang hanya mentransfer ilmu tanpa melibatkan proses berfikir kreatif anak. Dan seringkali menseragamkan pola pikir, padahal setiap anak adalah unik dan mempunyai pola pikir yang berbeda. 

Jadi apa yang harus kita lakukan? Berikan kepada anak-anak kita lebih banyak dukungan. Cintai mereka tanpa syarat. Setiap anak adalah unik, maka hargailah keunikannya. Dan beri ruang seluas-luasnya untuk mereka jelajahi. 

Bukalah kotak pemikiran kita. Jangan batasi anak-anak sebatas pemikiran dan pengalaman kita saja. Biarkanlah ia berpikir berbeda dari hal-hal yang pernah kita alami. 

Asumsi kita kadang berbeda jauh dengan asumsi anak-anak. Jangan terburu-buru membuat pernyataan, namun perbanyaklah membuat pertanyaan. Agar anak-anak kita bisa menyampaikan idenya dengan CLEAR dan tugas kita hanya mengklarifikasi saja (CLARIFY).

Sesungguhnya proses kreatifitas adalah EVOLUSI (Ide baru dibangkitkan dari ide sebelumnya), SINTESIS (Dua atau lebih ide digabungkan menjadi sebuah ide baru), REVOLUSI (Benar-benar membuat perubahan baru dengan pola yang belum pernah ada). 

Ubahlah Fokus dan geser sudut pandang. Dalam mendampingi anak-anak kita perlu memiliki berbagai sudut pandang kreatif setiap melihat aksi mereka. 

Maka ... 

Jika ingin melihat anak-anak kita menjadi anak-anak yang kreatif, kitalah yang terlebih dahulu harus berubah!

#resumemateri9
#BeCreative
#KelasBunsay
#IIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar