Kamis, 22 Maret 2018

Tantangan bunsay level9 "Be creative" Day 1

Sudah setahun ini, kami tinggal di desa, di rumah ibu. Kami akui segala sesuatu pasti ada sisi negatif maupun positifnya. Sisi positifnya, anak-anak menjadi lebih dekat dengan alam. terutama Uwais, anak kedua kami, yang kecerdasan naturalisnya sangat menonjol. Namun sisi negatifnya salah satunya adalah tentang kedisiplinan. Dulu waktu kami tinggal mandiri, di Surabaya ataupun di Bekasi, anak-anak sudah mempunyai jadwal dan mereka mematuhinya. Misal bahwa melihat televisi atau bermain gawai ada batas waktunya. Namun di sini, kedispilinan itu mulai longgar. bermain gawai ataupun gadget tak seketat dulu. Gawaiku dan gawai ayahnya memang tidak kami kasih game. Namun gawai nenek dan Kakeknya? itulah yang terkadang menjadi kendala kami dalam menerapkan nilai kedisplinan yang dulu sudah kita sepakati.

Dulu lihat televisi hanya boleh sehari cuma 2 jam. Waktu terserah mereka, asal tidak menganggu waktu prioritas, misal waktu ngaji atau belajar. Namun sekarang anak-anak lebih bebas dan jadwal menonton televisinya jauh lebih lama dari kesepakatan. ada beberapa titik televisi juga membuat kendala.

Oleh karena itu, melalui tantangan game level 9 ini, saya akan berusaha mengalihkan perhatian Uwais dan Fatir, terutama, dari kebiasaan menonton televisi yang berlama-lama dengan melakukan aktifitas yang menarik dan kreatif.

Hari pertama di game level 9 ini saya telah mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk aktifitas yang akan kami lakukan bersama. Saya membeli beberapa perlengkapan menggambar dan crayon. biasanya waktu melihat televisi adalah pagi hari ketika saya masih sibuk dengan aktivitas rumah. Maka pagi ini uwais dan Fatir mulai mewarnai gambar yang sudah dibuat ayahnya tadi malam. Rizwan yang hari ini tidak masuk sekolah akhirnya ikut nimbrung juga.



Ketika Wais mewarnai sebuah gunung merapi, yang puncaknya ada warna merah, coklat dan hijau saya tanya kenapa demikian, Dia menjawab bahwa merah adalah lahar panasnya, hijau melambangkan tumbuhan dan coklat adalah tanah.


#TantanganLevel9
#KelasBunsay
#BeCreative
#Day1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar