Senin, 05 Maret 2018

Gara-Gara ODOP

"Sudah malam ummi, kok belum tidur?" tanya suamiku.

"Bentar lagi, masih ada hutang tulisan belum selesai," jawabku

Ya ... Sejak mengenal ODOP jam malamku berubah, kini hampir setiap hari begadang adalah hal yang lumrah. Apalagi akhir pekan pasti sampai larut malam. Tugas tulisan yang harus setor setiap hari memang aku lakukan pada malam harinya, ketika anak-anak sudah tidur. Hal ini aku lakukan bukan tanpa alasan, karena aku pernah mencoba membuat tulisan pada siang hari. Tapi apa yang terjadi? tulisan itu bukan malah selesai tapi malah membuat aku stres. Bagaimana tidak stres, baru juga mengetik beberapa kata, datang si kecil dengan bermacam-macam permintaan dengan menggunakan laptop. Mau main gamelah, mau ikut ngetiklah, mau lihat filmlah. 

Tapi sebenarnya menulis malam hari bukan tanpa resiko. Resikonya adalah ketika laptop sudah menyala, namun mata tak mau bekerja sama. Kalau sudah begini, apa yang terjadi? Laptop itu akan menyala sampai pagi, sedangkan aku sudah terbuai di alam mimpi. Kalau begitu, tahukah kawan apa akibatnya? tumpukan hutang akan semakin menghantui. Kalau hari berikutnya begitu juga maka dipastikan hidupku bakal tak tenang seperti dikejar rentenir. hehehehe

Gara-gara ODOP juga aku seperti orang gila. Malam-malam suka tertawa sendirian adalah contoh kecilnya. Setiap hari mencari inspirasi tulisan bukan perkara yang gampang. terkadang suka merenung seperti orang melamun, demi apa coba? demi mendapatkan ide buat tulisan hari itu. Namun sayang upaya mendapatkan ide tulisan itu tak semudah melipat baju atau menyapu lantai. Sering buntu sering blank. Kalau sudah begini bagaimana? ya ... seperti tulisan ini yang sedang anda baca. Hahahaaa. Temanya ngalor ngidul gak jelas.

Semua jalan sukses memang butuh perjuangan. Aku anggap ini adalah sebuah proses menuju sukses itu. Thomas Alva Edison pernah mengemukakan bahwa tiga hal yang paling diperlukan untuk meraih keberhasilan adalah bekerja keras dan cerdas, ketekunan, dan akal sehat. Edison juga mengungkapkan bahwa segala sesuatu akan dapat dihasilkan dengan baik pada orang-orang yang terus bekerja sambil mencari dan memanfaatkan kesempatan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar