Sabtu, 03 Maret 2018

Kita Bisa

Sejauh ini ada kekhawatiran dalam diriku, apakah bisa aku bertahan di ODOP Batch 5? Sering kali kekhawatiran itu cenderung membuatku untuk menyerah. Namun ketika rasa itu muncul, aku teringat sebuah kisah yang pernah di alami oleh Julius Caesar seorang komandan perang yang berhasil merebut pantai Brittania. 

Dalam catatan sejarah, Julius Caesar mempunyai startegi yang unik dalam merebut pantai itu. Ketika Julius Caesar berhasil mendaratkan pasukannya pada tengah malam yang dingin, dia berdiam diri sejenak, sedangkan pasukannya sibuk merapatkan dan menyembunyikan perahu-perahu yang mereka tumpangi. Karena pasukannya berfikir bahwa setelah pertempuran selesai, mereka akan kembali lagi ke kapal induk dengan menggunakan perahu-perahu itu.

Namun betapa kagetnya para pasukan itu ketika mendengar perintah dari sang komandan yaitu Julius Caesar untuk membakar semua perahu yang sudah mendarat. Sebagai pasukan yang taat pada komandan, meskipun dengan ragu-ragu mereka membakar semua perahu sampai hangus. Akhirnya, semua pasukan bertempur habis-habisan, karena mereka berfikir tidak akan kembali lagi.

Begitu pula seharusnya sikapku. Aku harus membakar semua kemungkinan yang membuat aku menyerah dan kembali untuk mundur menyelesaikan tantangan ODOP batch 5 ini. Aku harus membakar semua kekhawatiran itu. Karena aku tahu bahwa kekhawatiran itu sebenarnya sama sekali tidak mendasar, ketakutan itu tidak pernah menjadi kenyataan jika aku mau untuk komintmen menulis setiap hari. Mengingat kembali kenapa dulu aku mau bergabung dengan komunitas ini, bisa menjadi doping ketika rasa malas itu menghantui. 

Mari kita bakar "jalan" yang membuat kita kembali. Kita akan bertarung mati-matian menghadapi segala macam tantangan di sini untuk menang. Karena kita menganggap kita tidak punya jalan lagi untuk kembali. Yang penting bukan dari mana kita memulai, melainkan  dimana kita berakhir. Bukankah kita ingin menjadi peserta yang bisa bertahan hingga tantangan odop Batch 5 di tutup?

John C. Maxwell pernah mengatakan,"Kekhawatiran akan menghambat tindakan, tiadanya tindakan akan menuntun pada ketidak adanya pengalaman, tiadanya pengalaman menuntun kita pada ketidak tahuan, dan ketidak tahuan akan melahirkan kekhawatiran."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar